Dokter


Emergency


Whatsapp


Dokter

Emergency

WhatsApp
Patah Tulang Malah Dipijat? Ini Risikonya Menurut Medis!

Patah tulang adalah keadaan di mana struktur tulang dalam tubuh mengalami kerusakan atau terputus. Hal ini terjadi ketika tulang menerima tekanan melebihi kemampuan untuk menahannya.

Biasanya tekanan ini timbul secara tiba-tiba atau sangat kuat, seperti akibat jatuh, terkena benda keras, atau cedera olahraga. Namun, sebagian orang memilih untuk mengatasi kondisi patah tulang ini ke tukang urut atau pijat. 

Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Juliando, Sp.OT, anggota tim medis di Radjak Hospital Cikarang Trauma Center, menegaskan bahwa patah tulang sebaiknya ditangani oleh dokter ortopedi atau spesialis tulang untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan akibat intervensi yang tidak tepat.

Bahaya Patah Tulang yang Dipijat

Menyoroti bahaya potensial dari penanganan yang salah, dr. Juliando menegaskan bahwa pendekatan yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi serius. 

"Tubuh terdiri dari anatomi, pembuluh darah, tulang, tendon, kulit, dan lainnya. Penanganan yang salah dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi yang menyebabkan pembengkakan, tulang yang bengkok, kelumpuhan, bahkan cacat permanen," tegas dr. Juliando.

Lebih lanjut, dr. Juliando memberikan contoh kasus patah tulang lengan atas yang ditangani oleh seorang dukun patah tulang. "Dukun tersebut melakukan pijatan, menarik, dan dibebat kuat sehingga pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan kebas. Akhirnya, jaringan di lengan atas mati dan harus diamputasi. Ini kan jadinya cacat permanen," sesal Dr. Juliando.

Perlu adanya perubahan mindset terkait tindakan operasi untuk patah tulang, sehingga  menghilangkan kesalahpahaman umum. Tak jarang, kata “operasi” menjadi hal yang menakutkan.

dr. Juliando mengingatkan bahwa operasi patah tulang tidak sakit seperti yang dibayangkan. “Operasi patah tulang tidak sakit, karena sebelumnya dibius lebih dulu,” ungkapnya pada media saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Tim medis di Radjak Hospital Cikarang mengimbau masyarakat untuk memprioritaskan perawatan medis profesional untuk patah tulang. Dengan menekankan bahwa intervensi tepat waktu dan sesuai, secara signifikan dapat mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. 

Radjak Hospital Cikarang Trauma Center siap memberikan perawatan khusus untuk patah tulang, menjamin hasil terbaik bagi pasien.

Simak ulasan berbagai media tentang Radjak Hospital Cikarang Trauma Center.

Kategori : #ortopedi


Gangguan tiroid adalah masalah kesehatan yang dipicu oleh kelainan bentuk dan fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri memiliki peranan penting dalam produksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Gangguan tiroid merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi dan memengaruhi individu ...



RS Harapan Keluarga Jababeka (member of Radjak Hospital), telah berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi yang diikuti oleh lebih dari 90 peserta.Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk komitmen Radjak Hospital Cikarang dalam...



Radjak Hospital, dengan komitmen tinggi terhadap kesehatan masyarakat, kembali menghadirkan Posko Kesehatan untuk mendukung perjalanan mudik tahun 2024. Sebagai bentuk kepedulian yang terus berlanjut, Posko Kesehatan Radjak Hospital akan beroperasi 24 jam mulai tanggal 30 Maret hingga 18 April 2024,...